menubar

Rabu, 13 Desember 2017

Kacamata Kardus Google

Hallo ! Kembali lagi bersama dengan saya~ minggu ini saya ingin menelusuri dunia VR. Pastinya kalian tak asing lagi kan dengan kata2 VR ? VR sendiri sudah menjadi trend di tahun 2016 dan telah berkembang sejak tahun 1957 di mana kala , morton heilig yang disebut sebagai father of virtual mengembangkan sensorama, teater kecil yang menstimulasi semua indra. 

Hal yang menarik bagi saya adalah salah satu komponer VR yang dibuat oleh google yang bernama kacamata Kardus (Google Cardboard).  Google Cardboard adalah sebuah konsep unik. Headset ini mesti dirakit atau do-it-yourself (DIY) dari potongan kardus, dibentuk dan dilipat sedemikian rupa sehingga menjadi sebentuk kacamata.



seperti ini nih teman-teman bentuknya. Dengan menggunakan kacamata kardus ini dan tayangan khusus VR kita dapat benar-benar merasa seperti hidup di dalam tayangan tersebut. Menarik bukan ? Kacamata ini juga bisa dibuat sendiri loh , ada beberapa tutorial DIY (Do it Yourself) untuk membuat kacamata kardus ini.


Selain dalam bentuk kacamata fisik, google memakai nama kacamata kardus atau google cardboard untuk aplikasi di smartphone yang tentunya digunakan untuk menikmati entertainment yang menggunakan teknologi virtual reality.




Tentunya aplikasi ini juga harus digunakan berdampingan dengan kacamata kardus ataupun VR Glasses yang lain. Keren banget ya ? Bisa kebayang ga sih kalau sekarang kita bisa meng-eksplor suatu empat tanpa harus ke tempat tersebut. Dengan kacamata kardus ini kita mendapat 360° view dan merasa seperti kita berada di tempat tersebut dan berjalan menyelusuri tempat itu, seperti gambar di bawah ini nih.





Nah, teknologi VR ini juga sedang hangatnya dipakai untuk game loh. Kedengaran sangat seru ya ? kali ini sampai sini dulu ya. Sampai ketemu lagi di pertualangan berikutnya ! ^^


Referensi :
-http://initu.id/sejarah-teknologi-virtual-reality-vr-dan-augmented-reality-ar/
-http://tekno.kompas.com/read/2014/07/14/12330007/Asyiknya.Menjajal.Kacamata.Kardus.Google


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serunya cicipi kuliner Malaysia di Restoran Penang

Explore makanan bisa dijadikan sebagai hobi dan tentunya hiburan. Termasuk saya sendiri yang juga sangat suka mencoba hal-hal baru, termasu...